Pages

Tuesday, November 22, 2016

Aku Cerdas Mengelola Emosi

Aku Cerdas Mengelola Emosi

Perkenalan blognya sudah ada di postingan Bismilahirrahmanirrahim, Punya Blog Baru Nih! sekarang memasuki menu utamanya ya, yaitu cerita-cerita tentang buku di rak bukunya Rayyaan. Jreng jreng jreng buku pertama yang ingin saya ceritakan di sini adalah buku Aku Cerdas Mengelola Emosi karya Mbak Fitri Restiana dan Mbak Watiek Ideo. Alhamdulillah nih saya berkesempatan hadir di acara talkshow bersama salah satu penulisnya yaitu Mbak Fitri Restiana. Rayyaan sempat hadir. Jadi bisa dapat tandatangan penulisnya deh, asyiiiiik!

Buku ini berisi 10 cerita dengan ilustrasi yang pas sekali untuk anak-anak. Ilustrasi setiap cerita dibuat oleh ilustrator yang berbeda-beda. Jadi gaya ilustrasinya berbeda-beda tapi yang pasti menarik untuk anak-anak. Buku yang seperti ini nih untuk Rayyaan banget. Karena dia memang suka buku-buku bergambar apalagi kalau ukuran gambarnya besar, lucu, dan berwarna-warni. Selain dari isi ceritanya, anak jadi bisa mengamati ekspresi tokoh-tokohnya juga benda-benda di sekelilingnya.


Apalagi tema buku ini adalah cerdas mengelola emosi, jadi ilustrasinya harus yang benar-benar menggambarkan ekspresi dan emosi tokoh-tokohnya dong ya. Misalnya ada tokoh yang sedang marah, kecewa, atau iri. Ketiga emosi itu adalah beberapa jenis emosi yang menjadi tema cerita-cerita dalam buku ini. Sebagai orang dewasa tak jarang ketiga jenis emosi tersebut datang menghampiri. Kalau tidak dikelola, bisa negatif kan akibatnya. Nah, anak-anak juga merasakan emosi-emosi tersebut. Namun belum tentu mereka paham kalau apa yang mereka rasakan itu namanya marah, kecewa, atau iri.


Cerita-cerita yang bahasanya mudah dimengerti anak-anak seperti dalam buku ini bisa membantu mereka memahami dan mengelola emosi yang mereka rasakan. Tentunya dengan bantuan orang tua ya. Justru orangtuanya nih yang harus lebih dulu cerdas mengelola emosinya he he. Oh iya, selain bahasa dalam buku ini mudah dimengerti, tema ceritanya juga dekat dengan keseharian anak. Contohnya cerita tentang Sisi yang marah karena tidak mau makan roti rasa cokelat atau Dini yang tidak mau berbagi mainan dengan kakanya Dira yang terpaksa harus mengalah.



Sebagian besar tokoh utama dalam cerita ini memang anak perempuan. Selain Sisi dan Dira, ada beberapa tokoh lain seperti Nindi dan Gia. Meski karakter utamanya sebagian besar anak perempuan, tapi nggak membuat Rayyaan jadi ogah dibacakan buku ini lho. Soalnya cerita dan gambarnya memang menarik. Buktinya setelah dibacakan oleh Mamanya, Rayyaan kemudian minta dibacakan ulang oleh Eyangnya dan setiap dibacakan buku ini pasti harus sampai cerita terakhir. Dialog-dialog yang ada dalam cerita di buku ini juga memungkinkan orang dewasa membacakannya dengan ekspresif sesuai emosi tokoh-tokohnya sehingga anak lebih tertarik lagi menyimak ceritanya.


Judul: Aku Cerdas Mengelola Emosi (Soft Cover).
Penulis: Fitri Restiana dan Watiek Ideo.
Penerbit: Bhuana Ilmu Populer.
Terbit: 29 September 2016.
Bahasa: Indonesia.
Halaman: 148 hal.
Dimensi: 190 mm x 230 mm.
ISBN: 9786023942282.
Harga: Rp 63.000.

8 comments:

  1. Hwuaaa.... senangnya buku kami direview oleh bumil ketjeh.๐Ÿ˜€๐Ÿ˜
    Makasih ya Mbak Heni. Salam sayang untuk Rayyan yang super cerdas... muuach.. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  2. wah blog khusus bahas buku. Seruuu...jadi gak sabar menantikan posting2mu berikutnya mbak. buku mengelola emosi ini berapa halaman mbak totalnya? Btw aku juga kadang ngereview buku di rak anak-anakku mbak. Salam kenal ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Mbak :) Buku ini 148 halaman :)

      Delete
  3. keren nih blog barunya, kece badai deh

    ReplyDelete
  4. Bagus jika anak sudah diperkenalkan dengan buku agar kelak menjadi hobinya.
    Membaca buku akan menambah wawasannya
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete